Rabu, 03 November 2010

Pentingnya Etika di Dunia Maya

Mengapa beretika dianggap penting di dunia maya ? beberapa alasan dapat kita lihat dari uraian di bawah ini

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hadirnya internet dalam kehidupan manusia telah membentuk komunitas masyarakat tersendiri. Surat-menyurat yang dahulu dilakukan secara tradisional melalui merpati pos atau kantor pos, sekarang bisa dilakukan dengan duduk dan mengetik surat tersebut di depan komputer. Dengan hanya sekali menekan tombol “send” maka saat itu juga surat sampai kelokasi yang dituju, hanya dalam hitungan detik. Fasilitas komunikasi dalam kelompok seperti mailing list memungkinkan sekelompok anggota masyarakat internet untuk berdiskusi dan saling tukar pendapat di antara mereka dengan mudah.

Melihat pada kenyataan ini dan perkembangan internet yang begitu pesat maka perlu di buat aturan-aturan atau etika beraktifitas dalam dunia maya tersebut. Beberapa alasan yang cukup kuat mengenai pentingnya etika dalam dunia maya atau etika berinternet tersebut antara lain adalah berikut :

a. bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin saja memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda. Bahkan dalam satu negara pun, tentunya masing masing pribadi anggotanya punya sifat, cara bicara, cara menulis, dan rasa humor yang berbeda-beda.

b. pengguna internet meupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymause, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi. Hal itu membuat kita tidak saling mengenal dalam arti kata yang sesungguhnya atau bahkan satu penghuni dunia maya mungkin tidak akan pernah bertatap muka dengan penghuni yang lainnya.

c. berbagai macam fasilitas yang di berikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan, antara lain dengan pengiriman surat berantai, iklan yang tidak sesuai konteks, provokasi ke diskusi yang tidak sehat, materi yang menyinggung orang lain atau yang lebih ekstrim adalah penyimpana virus atau worm secara sengaja dalam e-mail yang dikirimkan.

d. harus di perhatikan bahwa pengguna internet yang selalu bertamba setiap setiap saat dan memungkinkan masuknya ”penghuni” baru di dunia maya tersebut. Mungkin saja penghuni baru itu tidak mengetahui bagaimana mereka harus melakukan pergaulan di internet secara baik dan benar. Untuk itulah mereka perlu diberikan petunjuk agar memahami budaya internet.

Demikian beberapa alasan , mengapa etika berinternet sangat diperlukan . Untuk lebih jelasnya , kita dapat mengunjungi situs resmi sebuah organisasi di alamat :

www.ietf.org. Yang dalam kegiatannya IETF (Internet Ingineering Task Force ) terbagi menjadi beberapa kelompok kerja yang menangani beberapa topik seputar internet baik dari sisi tekhnis maupun Non Teknis, termasuk di dalamnya menetapkan Netiquette Guidelines yang terdokumentasi dalam Request For Comments (RFC):1855


Referensi :
Etika Komputer + Tanggung jawab professional di bidang tekhnologi Informasi oleh Teguh Wahyono S.Kom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar